PENGUMUMAN

Posted: 14/02/2014 in Manifesto

foto Aliansi Anti Denny JA

Menanggapi undangan dari Gol A Gong dan Rumah Dunia untuk melaksanakan debat publik, dengan ini kami umumkan dasar penolakan kami atas rencana acara tersebut:

1. Meski bukan harga mati, kami menganggap tempat yang paling tepat untuk melaksanakan kegiatan diskusi dan debat terbuka kasus buku “33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh” adalah di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, karena buku itu diluncurkan di PDS HB Jassin dan buku itu didedikasikan untuk PDS HB Jassin.

Seperti yang telah umum ketahui, kehadiran buku tersebut telah mengancam nama baik PDS HB Jassin sebagai salah satu lembaga terhormat di dunia sastra Indonesia. Kami menganggap penyelenggaraan diskusi atau debat terbuka sudah seharusnya digelar di sana.

2. Gola A Gong sebagai inisiator acara diskusi di Rumah Dunia menyampaikan undangan kepada pribadi, dan bukan mengundang Aliansi Anti Pembodohan (AAP) buku “33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh,” dimana kami nantinya dapat mengutus wakil kami.

Dalam draf acara yang ia publikasikan di grup Facebook “Anti Pembodohan Buku 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh ” pada 11 Januari 2014, Gola A Gong telah menyusun dan memilih pihak-pihak yang akan dihadirkannya, mulai dari narasumber, peserta debat, hingga moderator. Perlu kami sampaikan, bahwa setiap langkah atau gerakan apapun yang melibatkan Dewan Presidium maupun pengurus AAP, harus atas persetujuan bersama di dalam internal kami.

3. Penolakan ini kami lakukan tanpa mengurangi rasa hormat kami pada maksud dan tujuan baik Gol A Gong pribadi, maupun perwakilan dari komunitas Rumah Dunia. Kami mendukung usaha semua pihak yang ingin mengakhiri polemik Buku “33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh”, namun kami juga menghendaki dan sangat menghargai sikap kritis dan netral dari semua pihak yang ingin melibatkan Aliansi Anti Pembodohan (AAP), disamping terlebih dulu mampu memahami isi petisi kami dengan baik.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan untuk memperjelas sikap dan jawaban resmi kami pada inisiatif Gol A Gong – Komunitas Rumah Dunia. Semua pendapat yang tidak berada dalam koridor alasan kami di atas, bukan menjadi tanggung jawab kami dan dianggap sebagai pernyataan pribadi.

 

Jakarta, 14 Februari 2014

Salam Anti Pembodohan,
Basri ‘Baz’ (Ketua AAP)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s