Tentang “Puisi-Esei”

Posted: 15/09/2012 in Esei

INI ADALAH KOMENTARKU YANG GAK DIMUAT SITUS “puisi-esei” INI > http://puisi-esai.com/2012/03/26/satu-tulisan-pendek-atas-lima-puisi-panjang/#comment-4433

“Satu Tulisan Pendek Atas Lima Puisi Panjang”, judul keren! Memang gak perlu panjang-panjang cumak untuk mengomentari sajak-sajak Lekrais di sini! Hahaha!!!

“Kemenangan faktual dan kemenangan puitikal adalah dua hal yang berbeda. Ketika yang faktual ingin masuk alam domain puisi ia harus tunduk dalam hukum hukum puisi yang sering tak bisa ditetapkan secara jelas. Maka segala data fakta yang dimasukkan ke dalam daerah puisi belum tentu efektif membikin mesin puitika bekerja secara maksimal.”

Nah! Kalok memang mau nulis Puisi, tulislah Puisi; kalok mau nulis Esei, tulislah Esei. Pakem kedua genre itu yang kelak akan menentukan apakah benar sebuah Puisi telah ditulis, atau sebuah Esei berhasil dikarang. Cumak para pemula yang gak tau diri yang ingin melahap semuanya, tanpa sedikitpun mau bersusah-payah untuk memahami dan menguasai keduanya terlebih dulu! Cumak biar dikira orang Pembaharu!!!

Kalok “ke-esei-an” sebuah “genre” bernama “sajak-esei” cumak dibuktikan dari Catatan Kaki yang dimilikinya, kasihan amat tuh genre! Kasihan amat pulak genre yang bernama “Esei” itu! Mosok Esei cumak macam begitu hakekatnya! Bukannya lebih tepat kalok “genre baru”mu ini disebut “sajak-skripsi” aja, hahaha!!! Atau “sajak-yang-bercatatan-kaki”! LOL

Cobak baca sajak “The Waste Land” karya penyair TS Eliot. Liat relasi intertekstual antara sajak dan catatan kaki yang berhalaman itu. Di situ, TANPA catatan kakinya, maka puisi Eliot tsb akan sangat susah untuk dipahami! Fungsi catatan kaki gak bisa dipisahkan dari keberadaan keseluruhan sajak. Itulah sifat ke-esei-an puisi Eliot tsb! Intertekstualitas adalah kata-kuncinya. Begitulah sosok sebuah “sajak-esei” kalok memang istilah gak jelas ini masih dianggap perlu untuk gagah-gagahan.

-Saut Situmorang

Comments
  1. T.S.P. says:

    sajakku juga ada yg bercatatan kaki, wekkk 😛

Leave a comment